KABAREKONOMI.ID, Batam – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), lonjakan penumpang diprediksi mengalami peningkatan hingga 5 persen dibanding tahun sebelumnya.
Untuk itu, PT Bandara Internasional Batam (BIB) secara resmi membuka posko layanan guna memberikan layanan maksimal kepada pengguna Bandara Internasional Hang Nadim Batam.
“Posko layanan ini menitikberatkan pada pelayanan informasi, kesehatan dan pengaduan,” ujar Direktur Opersi PT BIB, Nugroho Jati disela-sela membuka posko layanan, Selasa (19/12/2023).
Nugroho menjelaskan, posko ini akan beroperasi selama 16 hari kerja, dimulai pada hari ini Selasa(19/12/2023). Selain pelayanan kepada para pengguna Bandara, posko ini juga akan memantau dan mengantisipasi, adanya calo dan permainan tiket.
“Posko ini juga bertujuan menerima pengaduan jika adanya oknum yang bermain maslah tiket. Termasuk adanya tiket yang dibuat diatas harga tertinggi,” tegas Nugroho.
Dari segi Personel, Nugroho melanjutkan, pada posko Nataru 2022-2024 ini, ada 40 personel yang disiagakan dari internal PT BIB.
Kemudian ditambah bantuan personil dari beberapa instansi yang ada di Bandara Internasional Hang Nadim.
“Dari internal kita 40 personel, ditambah 40 personel lagi dari TNI-Polri, Bea cukai, imigrasi, karantina, dan instansi lainya,” jelas Nugroho.
Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang, kata Nugroho, saat ini sudah ada 7 ekstra penerbangan yang di ajukan oleh beberapa maskapai, pada puncak arus mudik dan balik.
“Sampai hari ini, baru 3 ekstra penerbangan yang masuk detailnya, yaitu dari group Garuda Indonesia dan group Lion,” katanya. (rilis)