Home » Bank Riau Kepri Mulai Bayarkan ‘Ganti Rugi’ Korban Skimming di Batam

Bank Riau Kepri Mulai Bayarkan ‘Ganti Rugi’ Korban Skimming di Batam

by catur

KABAREKONOMI.ID, Batam – PT Bank Riau Kepri terus berupaya memerangi kejahatan skimming dengan mengembangkan sistem dan berbagai fitur keamanan, serta terus berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk menangkap sindikat kejahatan perbankan yang merugikan perbankan nasional.

Kejahatan skimming ini tak hanya merugikan nasabah, tapi juga merugikan pihak bank.

Bank Riau Kepri juga terus melakukan respon dan investigasi cepat terhadap pengaduan nasabah yang menjadi korban kejahatan perbankan, salah satunya adalah skimming.

Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Riau Kepri, Edi Wardana mengatakan BRK menjamin keamanan simpanan seluruh nasabah.

Perusahaan juga akan bertanggung jawab atas seluruh kerugian nasabah yang terbukti menjadi korban kejahatan skimming.

“Terhadap seluruh aduan yang masuk, BRK melakukan proses investigasi terlebih dahulu. Namun demikian, sebagian nasabah yang sudah selesai proses investigasi langsung diganti dananya. BRK menjamin simpanan nasabah tetap aman, dan masyarakat tak perlu panik serta khawatir uangnya hilang. Apabila terbukti merupakan korban tindak kejahatan skimming, BRK bertanggungjawab untuk segera menyelesaikan hal tersebut,” ujar Edi Wardana.

Setelah melalui proses investigasi dan terbukti bahwa memang kehilangan dana nasabah disebabkan karena tindak kejahatan skimming, BRK segera mengganti kerugian yang dialami nasabah.

“InsyaAllah pada hari ini, Jumat (20/05/2022) sudah ada dibayarkan kepada nasabah BRK yang menjadi korban tindak kejahatan perbankan berupa skimming di Kota Batam, Kepulauan Riau. Pada dasarnya, untuk verifikasinya sudah tuntas maka pihak bank akan langsung membayarkan kerugian tersebut kepada nasabah,” ujar Edi Wardana.

Untuk kerugian nasabah lainnya, kata Edi lagi, masih menunggu hasil investigasi dari tim BRK. Mengingat ada beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk investigasi tersebut berkaitan dengan pihak lain. Kepada seluruh nasabah BRK agar senantiasa berhati-hati dalam setiap melakukan transaksi.

“Kami juga menghimbau agar nasabah tetap selalu waspada terhadap modus-modus kejahatan perbankan ini, salah satunya dengan mengaktifkan SMS Banking, melakukan pergantian PIN berkala, memperhatikan lingkungan di sekitar ATM dan apabila ada yang mencurigakan silahkan hubungi call center 1500470 atau membuat aduan di kantor BRK terdekat,” katanya lagi.

(catur)

Baca Juga