Home » Ketum DPP Garpu Pietra Machreza Paloh ‘Bocorkan’ Strategi Jitu Mengembangkan UMKM

Ketum DPP Garpu Pietra Machreza Paloh ‘Bocorkan’ Strategi Jitu Mengembangkan UMKM

by bahar
Pietra Machreza Paloh

KABAREKONOMI.ID, BATAM – Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kiranya membutuhkan langkah-langkah dan strategi yang tepat dan cepat.

Mengingat, banyak UMKM yang berdiri namun usahanya tidak berkembang, mengalami kerugian, dan bahkan berakhir dengan ditutupnya usaha tersebut.

Untuk itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (Ketum DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) Pietra Machreza Paloh memiliki tips dan trik tersendiri untuk lebih ‘memanusiakan’ pelaku UMKM atau yang kerap di sapa pedagang kaki lima.

“Tips dan trik ini, sebenarnya sudah masuk dalam program kerja yang telah disusun dalam jangka pendek, menengah hingga panjang di Garpu. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu disharing,” tegasnya.

Pertama, sebelum mengembangkan usaha yagn perlu dilakukan adalah melakukan survey da nobservasi tempat usaha yang memiliki potensi. Baik dari sisi pengunjung hingga produk-produk apa saja yang akan ditawarkan.

“Mulailah dengan mencari tahu apakah tempat itu membutuhkan produk yang anda jual. Buatlah pertanyaan-pertanyaan seperti berapa jumlah orang yang lewat di tempat itu, berapa banyak orang yang kemungkinan akan membeli produk anda, seberapa mudah akses logistik, dan kebutuhan ketika anda buka cabang di tempat itu. Sehingga data observasi bisa dikumpulkan dan menjadi pertimbangan apakah tempat itu adalah tempat yang tepat untuk membuka bisnis anda,” tegas pria yang akan maju ke kursi DPR RI di Pemilihan Legislatif 2024 mendatang.

Pietra Machreza Paloh
Pietra Machreza Paloh

Kemudian, untuk lebih mengenakan atau mempromosikan produk-produk yang dimiliki, pelaku UMKM harus mengikuti beberapa pameran dan festival.

“Pilihlah pameran atau festival yang cocok dengan produk anda. Contohnya ketika anda mempunyai bisnis fashion tentunya mengikuti pameran yang mempunyai tema tentang produk fashion. Jika anda mempunyai produk kuliner/makanan khas anda perlu mengikuti pameran tentang makanan tradisional.
Membangun Relasi antar Sesama Pengusaha,” tegasnya.

Selain itu, cobalah untuk bergabung di beberapa komunitas yang memiliki jenis usaha yang sama dengan anda. Dengan begitu akan dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar usaha yang anda jalani.

Selanjutnya yang terpenting adalah mengikuti perkembangan teknologi dalam bisnis. Misalnya mempromosikan produk-produk ke dalam media sosial. Baik secara live ataupun tampilan flyer yang menarik.

“Semua ini dapat mempengaruhi perjalanan bisnis anda, karena sekarang pasar juga menuntut untuk cepat, tepat dan terpercaya. Kecepatan informasi, cepat tanggap, manajemen yang terstruktur, SOP (Standard Operation Procedure) adalah aspek yang dapat melengkapi dan sangat mendukung usaha anda. Jika anda punya sedikit pengetahuan tentang penggunaan teknologi dalam bisnis ini akan menjadi nilai plus bagi anda dibandingkan dengan kompetitor,” terangnya.

Oleh karena itu, mengembangkan sebuah usaha memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Karena untuk melakukan itu anda perlu merogoh kocek lebih dulu. Kesuksesan bisnis baru bisa diraih setelah segala usaha dan doa-doa sudah dilaksanakan dengan maksimal.

“Dan terpenting adalah, jangan pernah berputus asa. Kegagalan dan mengalami kerugian di awal merupakan hal yagn wajar. Tetapi ketika melakukannya dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah yang terukur, bisa jadi ini akan meningkatkan pendapatan dan omzet. Jadi tetap semangat,’ terangnya. (omk)
 

Baca Juga