Home » ‘Ngak Pakai Ribet’, Antrian BPJS Kesehatan Kini Lebih Nyaman Melalui Sentuhan Digital

‘Ngak Pakai Ribet’, Antrian BPJS Kesehatan Kini Lebih Nyaman Melalui Sentuhan Digital

by bahar

KABAREKONOMI.ID, Batam – Meningkatkan kualitas layanan dengan berbagai macam inovasi adalah salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2022.

Salah satu inovasi yang diunggulkan oleh BPJS Kesehatan terkait peningkatan kualitas layanan adalah antrean online yang terkoneksi dengan aplikasi Mobile JKN.

Baik itu di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Terkait hal ini, BPJS Kesehatan terus melakukan pemantauan terhadap implementasi aplikasi tersebut.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan dalam kunjungannya ke Rumah Sakit Awal Bros dan RS Budi Kemuliaan di Kota Batam memastikan implementasi antrean online melalui aplikasi Mobile JKN sudah dimanfaatkan dengan baik oleh peserta.

“Selama ini Peserta BPJS Kesehatan seringkali mengeluhkan antrian di rumah sakit yang terlalu lama, untuk itu dengan sentuhan digital kami berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga peserta mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan kepastian waktu layanan melalui antrian online di Aplikasi Mobile JKN,” kata Edwin.

Melalui pendaftaran pelayanan melalui aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mengambil antrean dari rumah dan datang mendekati jam layanan sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama.

Dengan demikian, peserta akan lebih nyaman dalam memperoleh layanan kesehatan. Hal ini juga bermanfaat bagi faskes karena mengurangi penumpukan peserta di fasilitas kesehatan.

“Peserta sudah sakit, jika menunggu terlalu lama bisa semaki parah nanti penyakitnya. Lagi pula dengan antrean online yang menyebabkan berkurangnya penumpukan peserta tentunya dapat meminimalisir potensi penularan penyakit di fasilitas kesehatan,” kata Edwin.

Selain melakukan monitoring implementasi antrean online melalui aplikasi Mobile JKN, Direktur Teknologi Informasi juga berdiskusi dengan peserta yang sudah memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendaftar layanan di RS Awal Bros Batam.

Abdul Syukur adalah salah satu peserta BPJS Kesehatan yang didaftarkan oleh anaknya Leslita melalui aplikasi Mobile JKN. Leslita mengatakan bahwa dengan Mobile JKN pelayanan lebih cepat dan mudah.

“Kebetulan tadi kami datang jam 2 siang. Di aplikasi sudah ditampilkan nomor urutnya dan jam pelayanannya, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama,” kata Leslita.

Leslita yang melakukan pendaftaran orangtuanya yang merupakan peserta dari segmen pensiunan juga mengatakan bahwa tampilan Mobile JKN semakin lama semakin baik.

“Tampilan Mobile JKN sekarang lebih berwarna-warni dengan berbagai fitur kemudahan layanan bagi peserta JKN. Kebetulan saya sering buka,” kata Leslita.(ilh)

Baca Juga