KABAREKONOMI.ID, Batam – Cristiano Ronaldo merupakan salah satu legenda sepakbola paling sukses di dunia. Selain di lapangan hijau, kesuksesan Ronaldo juga sudah teruji di dunia sosial media di mana dia memiliki lebih dari 476 juta followers di Instagram.
Dengan statusnya sebagai top influencer dunia, tak heran kalau ada brand yang berani mengontrak Ronaldo seumur hidup untuk mempromosikan produk mereka. Brand itu adalah Nike, perusahaan yang memproduksi jersey dan perlengkapan olahraga.
Menurut laporan Forbes, pada 2016 Ronaldo telah menandatangani kontrak senilai US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun dengan Nike.
Meski demikian, kemitraan Ronaldo-Nike sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 2003, tahun yang sama saat Ronaldo bergabung dengan Manchester United. Sejak saat itu, CR7 telah mengendorse lebih dari 60 jenis sneaker Nike.
CBS Sport menyebut bahwa Ronaldo setiap tahun mendapat ‘gaji’ dari Nike sebesar US$20 juta atau sekitar Rp300 miliar jika dihitung menggunakan rata-rata kurs hari ini. Bahkan dengan pemotongan gaji 30 persen yang disebabkan oleh pandemi virus corona pada 2020, Ronaldo tetap mendapatkan bayaran ratusan miliar.
Ronaldo juga disebut-sebut sebagai atlet dengan bayaran tertinggi dari Nike, mengungguli Neymar, LeBron James, Tiger Woods dan Rafael Nadal.
Menurut laporan Instagram Rich List 2022 oleh Hopper HQ, bintang sepakbola asal Portugal ini masih memegang rekor sebagai orang dengan jumlah followers Instagram terbanyak di dunia, yakni lebih dari 476 juta followers. Karena kepopulerannya itu, Ronaldo memasang tarif endorse US$2,3 juta atau sekitar Rp33 miliar untuk sekali posting.(**)