Home » Sepanjang 2023, 2.456 Warga Manfaatkan Layanan Konsumen OJK Kepri

Sepanjang 2023, 2.456 Warga Manfaatkan Layanan Konsumen OJK Kepri

by bahar
Layanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

KABAREKONOMI.ID, BATAM – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kepulauan Riau, Rony Ukurta Barus menegaskan, sepanjang tahun 2023 (hingga Oktober,red) pihaknya telah menerima 2.456 layanan konsumen, dengan rincian 186 pengaduan konsumen, 282 informasi dan 1.988 pertanyaan.

“Dari 186 pengaduan konsumen ini, pengaduan konsumen dari perbankan sebanyak 102 pengaduan (55 %), 32 pengaduan dari perusahaan pembiayaan (17 %), sebanyak 19 pengaduan dari perusahaan asuransi (10 %), sebanyak 2 pangaduan dari perusahaan pergadaian (1 %), sebanyak 4 pengaduan dari IKNB lainnya (2 %). Serta sebanyak 27 pengaduan dari perusahaan fintech (15 %),” tegasnya.

Layanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Layanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Sampai dengan akhir Oktober 2023, OJK Provinsi Kepulauan Riau juga memberikan layanan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) sebanyak 4.062 Layanan, baik secara online (sebanyak 2.838 layanan) maupun yang walk in (sebanyak 1.224 layanan).

Dan untuk menangani isu pelindungan konsumen sektor jasa keuangan dan mendorong pemerataan literasi dan inklusi keuangan, OJK juga mendorong program literasi dan inklusi keuangan secara masif baik secara tatap muka (offline) maupun daring (online) melalui Learning Management System (LMS) dan media sosial.

“Selain itu, hingga akhir Agustus 2023, OJK Kepulauan Riau telah melaksanakan 39 Kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau sekitar 4.252 peserta,” tegasnya. (omk)

Baca Juga